Blog

Motif Batik Fraktal

Motif batik dapat digunakan sebagai hiasan kain sarung, kopiah, kemeja, bahkan kerudung. Pola print motif kain berbentuk batik tersebut ternyata dapat dimodelkan dalam rumus matematika yaitu Fraktal. Secara sederhana, fraktal adalah konsep matematika yang membahas kesamaan pola pada semua skala. Desain motif batik yang sudah diterjemahkan dalam rumus fraktal ini dapat dimodifikasi dengan bantuan teknologi komputer sehingga menghasilkan desain pola dan print motif kain baru yang sangat beragam. Keragaman desain ini dapat dilihat dari sisi grafis, warna, ukuran, sudut dan perulangannya. Proses pembuatan desain motif batik fraktal dapat memecahkan masalah keterbatasan desain motif batik, bahkan dapat menghasilkan banyak print motif kain secara cepat, mulai dari yang sederhana sampai yang sangat unik.

Iklan

Mengikuti Kursus Jahit

Bagi anda yang ingin mempelajari cara untuk jahit baju sendiri tetapi tidak mempunyai waktu untuk mengikuti kursus menjahit barangkali keberadaan layanan kursus jahit baju online bisa membantu anda. Berbeda dengan kursus jahit baju pada umumnya, layanan jahit baju online bisa anda akses secara penuh selama satu kali dua puluh empat jam, dimanapun dan kapanpun selama anda masih terhubung dengan koneksi internet. Kursus jahit baju online di Fitinline dapat dilakukan secara fleksibel melalui modul-modul pembelajaran yang dikemas dalam bentuk video, ebook, pattern, artikel, forum. Misal anda ingin belajar menjahit tetapi belum tahu cara mengoperasikan mesin jahit, anda bisa melihat modul berikut:

Canting : Peralatan Utama Membatik Tulis

Canting merupakan salah satu alat membatik yang biasa digunakan untuk membuat karya batik tulis. Alat membatik ini pada umumnya terbuat dari perpaduan bahan tembaga dan kayu, berfungsi untuk menorehkan malam (lilin batik) diatas kain mori batik. Secara garis besar wujud canting terdiri dari tiga bagian yakni Cucuk, Nyamplung dan Gagang. Cucuk atau yang sering disebut carat merupakan bagian paling ujung canting, berbentuk seperti selang melengkung, berbahan tembaga yang difungsikan untuk mengalirkan malam dari Nyamplung. Ukuran Cucuk inilah yang sering mempengaruhi besar kecilnya hasil goresan diatas ke kain. Nyamplung sendiri merupakan wadah kecil yang digunakan untuk menampung malam, sedangkan Gagang adalah bagian pangkal yang terbuat dari kayu ataupun bambu berfungsi untuk pegangan tangan. Ada bermacam-macam bentuk dan ukuran canting yang digunakan dalam membatik, masing-masing bentuk dan ukuran memiliki fungsi yang beragam, hal ini tergantung dari kebutuhan corak batik yang ingin dibuat.

Tempat-Tempat Pembuatan Seragam Terbesar di Indonesia

Salah satu hal utama yang membedakan kain seragam dengan kain lainnya yaitu terletak pada tingkat gramasi, komposisi benang, prosentase katun, tingkat kehalusan, ketebalan, kekakuan serta keademannya. Beberapa jenis kain seragam yang biasa dimanfaatkan untuk pakain sekolah diantaranya berupa kain oxford, drill, bsy,dan lain-lain. Adapun untuk bawahan kain seragam sekolah (celana atau rok) umumnya menggunakan bahan USA drill, japan drill, taipan drill. Sedangkan merek yang paling terkenal adalah Famatex, pilihan alternatifnya yang lebih murah yaitu Nagatex, USA Plat serta Kamatex. Beberapa pilihan bahan kain seragam tersebut perlu kita cermati tingkat kekakuan maupun kekerasan kainnya. Seragam sekolah biasanya dibuat secara khusus dari segi desain, warna, dan atribut dan diproduksi dalam skala kecil maupun besar. Lokasi jahit seragam atau tempat-tempat pembuatan seragam terbesar di Indonesia banyak terdapat di kota Bandung, Jakarta, Surabaya, Cikarang. Sehingga banyak sekali industri konveksi di Bandung yang memproduksi kain seragam maupun produk seragam itu sendiri.

Menjahit Pakaian Pria

Seperti halnya busana wanita, secara kualitas cara menjahit pakaian pria tidak terlepas dari hasil jahitan bagian-bagian busana tersebut. Kesesuaian model atau desain baju apapun yang dibuat oleh desainer juga pada akhirnya ditentukan oleh kecermatan seorang desainer dalam menjahit pakaian. Untuk menghasilkan pakaian yang berkualitas penjahitan dan penyelesaian busana harus sesuai dengan teknik menjahit yang dibutuhkan dengan tepat. Selain itu ketersediaan alat-alat pendukung menjahit hendaknya juga diperhatikan. Peralatan yang dimaksud diantaranya berupa mesin jahit (manual, listrik, high speed dan komputer), mesin penyelesaian dan alat bantu. Untuk alat bantu standar yang harus dipersiapkan oleh para perancang busana yaitu berupa attachment, jarum jahit, gunting dan lain-lain. Sebelum mulai menjahit ada baiknya jika sahabat Fitinline mengetahui bagian-bagian penting yang terdapat pada kemeja atau pakaian pria. Bagian-bagian busana tersebut antara lain berupa:

–    Kerah
–    Saku
–    Manset
–    Ban pinggang, dan
–    Belahan.

Membeli Bahan Kain

Seperti kita ketahui, kain merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh para desainer dalam mendesain baju. Oleh sebab itu sebelum berbelanja bahan kain ada baiknya anda memeriksa terlebih dahulu bahan yang hendak anda beli dan anda gunakan untuk membuat desain baju.  Biasanya untuk memastikan sifat kain perlu dilakukan pengujian. Beberapa pengujian kain yang umum dan biasa dilakukan antara lain adalah :
–    Warna, kesesuaian warna dan tahan luntur warna terhadap pencucian, keringat, gosokan, sinar matahari, terhadap penyetrikaan, gas tertentu dan air laut.
–    Kestabilan dimensi kain dalam pencucian
–    Ketahanan kusut dan sifat langsai (drape) termasuk sifat kain yang tidak memerlukan penyetrikaan setelah pencucian (sifat durable press).
–    Kekuatan tarik, sobek dan jebol.
–    Tahan gesekan dan pilling, terutama untuk serat sintetik
–    Sifat nyala api, sebelum atau sesudah beberapa kali pencucian.
–    Lengkungan dan kemiringan benang pada kain.
–    Penyerapan atau tolak air kain sesuai penggunaan.

Perkembangan Mode Busana

Dalam memenuhi kebutuhan akan busana, kadang manusia tidak semuanya membuat sendiri, tetapi dapat membeli busana yang sudah jadi, atau memesannya secara eksklusif kepada seorang designer baju atau perancang busana. Mode busana yang berkembang pada periode tertentu merupakan warisan budaya yang selanjutnya dapat dikembangkan, dimodifikasi, diperbaharui oleh para desainer untuk menghasilkan mode yang akan menjadi trend di masyarakat. Perkembangan mode busana di dunia ini, yang umumnya mengacu pada kebudayaan Barat. Mode yang datang dari Barat ini dapat diterima dan diadaptasi sesuai kebutuhan masyarakat di negara dan daerah masing-masing. Perkembangan mode busana yang kita lihat saat ini tidak terlepas dari sejarah busana masa lalu, mulai dari peradaban kuno sampai peradaban modern saat ini yang sudah masuk pada era globalisasi. Di era globalisasi ini dengan cepat mode yang berkembang di negara lain akan masuk ke negara di mana kita berada, karena adanya peralatan teknologi yang sudah cukup canggih.

Pola Busana Dari Web Desain Baju

Membuat pakaian merupakan salah satu hal yang cukup rumit untuk dikerjakan sendiri. Akan lebih mudah dan jauh lebih praktis bila sahabat Fitinline menjahit pakaian dengan mengguanakan contoh pola baju siap pakai. Pola menjahit baju dapat didefinisikan sebagai ukuran dan bentuk khusus dari bagian-bagian sebuah pakaian yang akan digunakan sebagai dasar memotong kain Anda. Pola busana wanita tersebut dapat ditemukan dengan mudah dari web desain baju yang banyak memuat artikel fashion baik secara gratis maupun dengan harga tertentu yang biasanya cukup murah. Namun jika sahabat Fitinline tidak ingin menggunakan pola siap pakai, anda bisa menggunakan pakaian yang biasanya anda gunakan untuk membuat pola tiruan. Pilih pakaian yang Anda sukai dan ukurannya pas dengan tubuh Anda, dan gunakanlah pakaian ini sebagai dasar untuk membuat pola busana wanita.

Bagian-Bagian Busana Tailoring

Seperti kita ketahui, dalam industri tekstil dan garmen dikenal banyak sekali teknik atau cara menjahit pakaian, salah satu diantaranya yaitu berupa teknik menjahit busana tailoring. Berbeda dengan teknik menjahit pada umumnya, teknik menjahit busana tailoring yang biasa diterapkan oleh sejumlah perancang busana biasanya dikerjakan secara teliti (cermat ) dan halus, menggunakan penyelesaian dengan jahitan tangan. Secara garis besar bagian-bagian dari busana tailoring tersebut terdiri atas bahan utama, bahan furing, serta interfacing.

  • Bahan Utama : badan muka, badan belakang, lengan atas, lengan bawah, krah / bagian atas dan bagian bawah, lapisan muka.
  • Bahan furing : badan muka, badan belakang, lengan atas, lengan bawah
  • Interfacing : lapisan muka, badan muka,punggung, krah, pelengkap bagian-bagian busana, kelepak bagian muka.

Pedoman Memotong Pola Diagram

Dalam mendesain baju, pola diagram dikenal sebagai pola busana wanita yang dibuat dengan perbandingan dalam bentuk diagram. Seperti cara membuat baju pada umumnya, pemotongan pola diagram juga harus disesuaikan dengan model busana yang ingin dibuat. Berikut beberapa pedoman penting yang harus diperhatikan ketika memotong pola diagram.

– Perbesar pola menjahit baju sesuai ukuran sebenarnya.

– Letakkan pola busana wanita pada lipatan bahan.

– Potong bahan sesuai dengan letak pola menjahit baju.

– Lebihkan 2 cm untuk seluruh kampuh, kecuali keliman bagian bawah.

– Beri viselin pada epolette, klep saku, kerah, dan lapisan.

Untuk mempelajari cara menjahit pakaian selanjutnya, anda bisa mengunjungi galeri video Fitinline.