Memasang Pita Cord Pada Dress Form (Body Line)

Pita cord yang dipasang pada dress form merupakan patokan garis-garis dasar atau tanda-tanda pola yang sangat diperlukan dalam pembuatan pola menjahit baju dengan teknik draping. Pita cord yang dipasang pada body line secara garis besar terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu pita cord yang dipasang dengan arah horizontal atau (garis mendatar) dan pita cord yang dipasang dengan arah vertikal (garis tegak lurus).

  • Pita cord yang dipasang dengan arah garis horizontal, dipasang pada bagian garis leher, garis bahu, garis dada, garis pinggang, dan garis panggul.
  • Pita cord yang dipasang dengan arah garis vertical, dipasang pada bagian garis tengah muka (TM), garis tengah belakang (TB), dan garis sisi (sepanjang sisi).

Sesuai dengan prosedur dan cara membuat baju, pita cord yang dipasang pada arah garis hizontal sebaiknya dibedakan dari pita cord yang dipasang dengan arah garis vertikal. Sebagai contoh pita cord merah dapat digunakan untuk menandakan garis horizontal, dan pita cord biru atau kuning dapat digunakan untuk menandakan garis vertikal, sedangkan pita cord warna lain dapat digunkan untuk mendakan garis pecah modelnya.

Tertarik untuk mempelajari cara membuat pola baju, anda bisa mengunjungi galeri video Fitinline.

Iklan